halo aku coba tes ya

Thursday, April 3, 2014

Pengenalan ASP .NET MVC

ASP .NET MVC adalah sebuah web application development framework atau kerangka kerja aplikasi web yang dibangun dengan lisensi Microsoft dan . NET Framework.MVC sendiri juga merupakan salah satu model pemrograman web ASP .NET selain ASP.NET Web Form. Apa perbedaan keduanya bisa di baca disini.

 MVC merupakan arsitektur koding yang terdiri dari beberapa komponen yaitu Model-View-Controller. 3 komponen inilah yang memudahkan developer untuk memisahkan fokus tampilan atau interaksi user, manipulasi objek, dan logic.



Model merupakan inti dari logika bisnis dan data. Model berisi sifat dan perilaku (property and behavior) yang menggambarkan suatu entitas atau lebih mudahnya Model berisi sebuah class. Dalam implementasi koding, satu form model berisi property atau variabel dalam satu class kemudian dibuat method atau kumpulan dari variabel yang di deklar. method atau kumpulan ini nantinya yang akan di panggil untuk di tampilkan.

View bertanggung jawab untuk mengubah model menjadi representasi visual. Dalam aplikasi web, view seringkali menghasilkan HTML yang akan di tampilkan dalam browser pengguna. meskipun model juga dimungkinkan akan ditampilkan dalam PDF, XML, bahkan spreadsheet sesuai kebutuhan user nantinya. View hanya fokus pada tampilan user interface, tidak boleh ada unsur logika bisnis karena nanti akan mempengaruhi waktu load aplikasi tersebut.

Controller, seperti namanya yaitu bertugas mengontrol logika aplikasi dan bertindak sebagai koordinator antar Model dan View. Controller menerima input dari pengguna melalui View kemudian diproses dalam model untuk menampilkan action tertentu, dan hasilnya akan ditampilkan kembali oleh View.

Dengan demikian, kerja aplikasi bisa lebih cepat dan efisien karena sudah dipisahkan oleh fungsi dasar dalam proses koding dengan menggunakan arsitektur MVC. Selain itu pemisahan seperti ini memudahkan develper dalam pembagian tugas sesuai dengan keahliannya, developer bisa fokus memusatkan perhatian pada logika bisnis di dalam Model, sedangkan developer design yang mampu bermain User Interface sehingga menarik untuk dipakai user dapat dengan mudah mengerjakannya. Kemudian keduanya akan di satukan dengan harmonis oleh Controller.

Dari sisi development, Visual Studio 2008 support untuk MVC 2, Visual Studio 2010 support dengan MVC 2 dan MVC 3, Visual Studio 2012 support untuk MVC 3 dan MVC 4 Sedangkan versi yang palinga baru Visual Studio 2013 hanya support untuk MVC 4, Dan What's New in ASP .NET MVC 4 ? akan dijelaskan pada posting berikutnya...

Terima Kasih,


Referensi,
Suhanto Agus, ebook : Mengenal ASP.NET MVC Edisi Beta
O'reilly, e-book : Programming ASP.NET MVC 4

0 comments:

Post a Comment