halo aku coba tes ya

Friday, April 4, 2014

Development Tools For Final Project

Alasan kenapa aku nulis ASP .NET MVC sebelumnya adalah karena saat ini aku sedang mempuat aplikasi yang nantinya akn di ajukan sebagai tugas akhir ... semoga aplikasi ayang dibuat lancar... Nah aku untuk itu aku ingin share developemnt tools apa saja yang aku gunakan dalam development project kali ini.
  1. Microsoft Visual Studio 2013
Visual Studio adalah perangkat lunak lengkap (suite) yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi, baik itu aplikasi bisnis, aplikasi personal, ataupun komponen aplikasinya, dalam bentuk aplikasi console, aplikasi Windows, ataupun aplikasi. Visual Studio mencakup kompiler, SDK, Integrated Development Environment (IDE), dan dokumentasi (umumnya berupa MSDN Library).
Microsoft Visual Studio 2013 memiliki banyak perbaikan user interface berdasarkan saran dari pelanggan dan prinsip desin inti dari Microsoft untuk pengalaman user yang lebih baik. Adanya beberapa fitur tambahan seperti penyelesaian otomatis, kemampuan untuk memindahkan baris kode atau blog menggunakan cara pintas keyboard dan navigasi in-line, selain itu Visual Studio 2013 mengalami peningkatan pada homepage yang menyediakan navigasi yang lebih mudah.
  1. Kendo UI
Kendo UI adalah suatu kerangka kerja yang komprehensif untuk HTML5/Javascript web dan aplikasi mobile pembangunan modern. Ini terdiri dari widget untuk web, kerangka inti, suite mobile, dan solution easier visualisasi data lengkap untuk belajar.
Kendo UI menyediakan produk yang terbagi atas 4 bidang yaitu Kendo UI Web (free), Kendo UI Mobile (berbayar), Kendo UI Data Viz (Berbayar), dan Kendo UI Server Side Wrapper. Dalam Kasus ini kami menggunakan Kendo UI Web. Alasannya karena aplikasi yang kita bangun memang berbasis web dan jika dilihat dari cost lebih hemat karena free.
  1. Microsoft SQL Server 2008 R2
Merupakan salah satu versi Microsoft SQL Server, aplikasi yang disebut “Kilmanjaro” oleh TechED mrmiliki beberapa layanan yang dibutuhkan, seperti Multi Server management, Reporting Services, Analysis Sevices, dan Integration Services.

Kendala yang dihadapi dalam tahap ini adalah sebagai berikut :
  1. Instalasi tools seperti Microsoft Visual Studio 2013 dan Microsoft SQL Server 2008 R2 yang ternyata membutuhkan spesifikasi Operating System (OS) yang sesuai dan bahkan setelah instalasi laptop kami mengalami gagal masuk OS.
  2. LibreOffice Draw memiliki keterbatasan fungsi dan simbol.
  3. Kendo UI termasuk teknologi library interface yang baru sehingga kami belum terlalu memahaminya.
Solusi yang dipakai dalam menghadapi kendala tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Install ulang laptop, donwload dan install aplikasi penunjang seperti .Net framework 3.5
  2. Belajar membuat design menyesuaikan keterbatasan yang ada, dan mensiasatinya dengan menggunakan simbol-simbol yang umum dipakai.
  3. Belajar melalui demo yang ada di http://demos.telerik.com/kendo-ui/

1 comments:

  1. ditunggu share ASP.NET MVC nya, ane sedang coba memperdalam bidang ini, cuman karena di kampus gak ada matkul-nya jadi harus sering2 nyari bahan sendiri. :D

    ReplyDelete