Flowchart
merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan
antar proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan
simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu.
Sedangkan hubungan antar proses digambarkan dengan garis penghubung.
Flowchart
ini merupakan langkah awal pembuatan program. Dengan adanya flowchart
urutan poses kegiatan menjadi lebih jelas. Jika ada penambahan proses
maka dapat dilakukan lebih mudah. Setelah flowchart selesai disusun,
selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya ke bentuk program
dengan bahsa pemrograman.
Simbol-simbol flowchart
Kaidah-kaidah pembuatan Flowchart
Dalam
pembuatan flowchart tidak ada rumus atau patokan yang bersifat mutlak.
Karena flowchart merupakan gambaran hasil pemikiran dalam menganalisa
suatu masalah dengan komputer. Sehingga flowchart yang dihasilkan dapat
bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya.
Namun secara garis besar, setiap pengolahan selalu terdiri dari tiga bagian utama, yaitu;
¨ Input berupa bahan mentah
¨ Proses pengolahan
¨ Output berupa bahan jadi.
Untuk pengolahan data dengan komputer, dapat dirangkum urutan dasar untuk pemecahan suatu masalah, yaitu;
START: berisi instruksi untuk persiapan perlatan yang diperlukan sebelum menangani pemecahan masalah.
READ: berisi instruksi untuk membaca data dari suatu peralatan input.
PROCESS: berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca.
WRITE: berisi instruksi untuk merekam hasil kegiatan ke perlatan output.
END: mengakhiri kegiatan pengolahan
Gambar berikut memperlihatkan flowchart dari kegiatan dasar diatas.
Basic Flowchart |
Dari gambar
flowchart di atas terlihat bahwa suatu flowchart harus terdapat proses
persiapan dan proses akhir. Dan yang menjadi topik dalam pembahasan ini
adalah tahap proses. Karena kegiatan ini banyak mengandung variasi
sesuai dengan kompleksitas masalah yang akan dipecahkan. Walaupun tidak
ada kaidah-kaidah yang baku dalam penyusunan flowchart, namun ada
beberapa anjuran yaitu:
1. Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat
2. Penggambaran flowchart yang simetris dengan arah yang jelas.
3. Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.
Operator
1. Operator Numerik 2. Operator Hubungan
+
|
Penjumlahan
|
=
|
Sama dengan
| |
-
|
Pengurangan
|
#
|
Tidak sama dengan
| |
*
|
Perkalian
|
<
|
Lebih kecil
| |
/
|
Pembagian
|
>
|
Lebih Besar
| |
^
|
Pangkat
|
<=
|
Lebih kecil sama dengan
| |
sqrt
|
Akar pangkat dua
|
>=
|
Lebih besar sama dengan
|
3. Operator Logika
AND
|
Logika DAN
|
OR
|
Logika ATAU
|
NOT
|
Logika LAWAN
|
Contoh Soal
buatlah
flowchart menentukan bilangan genap dan ganjil :
- Masukkan sebuah bilangan sembarang
- Bagi bilangan tersebut dengan 2
- Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2
- Bila sisa hasil sama dengan 0, maka bilangan itu adalah bilangan genap
- Jika hasil bagi sama dengan 1, maka bilangan itu adalah bilangan ganjil
Helpful :)
ReplyDeleteThxx